Apa itu Marketing Communication?

Komunikasi Pemasaran (atau MarCom atau Integrated Marketing Communications) adalah pesan dan media terkait yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pasar. Komunikasi pemasaran adalah “promosi” bagian dari “Marketing Mix” atau “empat P”: harga, tempat, promosi, dan produk.
Mereka yang praktik periklanan, merek, bahasa merek, pemasaran langsung, desain grafis, pemasaran, kemasan, promosi, publikasi, sponsorship, hubungan masyarakat, penjualan, promosi penjualan dan pemasaran online yang disebut pemasaran komunikator, manajer komunikasi pemasaran, atau lebih singkat, MarCom manajer.
Proses komunikasi adalah pengirim-encoding-transmisi perangkat-decoding-penerima, yang merupakan bagian dari setiap iklan atau program pemasaran.
  • Encoding pesan adalah langkah kedua dalam proses komunikasi, yang mengambil ide kreatif dan mengubahnya menjadi perhatian-mendapatkan iklan yang dirancang untuk berbagai media (televisi, radio, majalah, dan lain-lain). Pesan perjalanan ke khalayak melalui perangkat transmisi yang berbeda. Tahap ketiga dari proses komunikasi pemasaran terjadi ketika saluran atau media memberikan pesan.
  • Decoding terjadi ketika pesan mencapai satu atau lebih dari indra penerima. Konsumen baik mendengar dan melihat iklan televisi. Lainnya menangani konsumen (touch) dan membaca (lihat) tawaran kupon. Salah satu kendala yang mencegah pesan pemasaran dari yang efisien dan efektif disebut penghalang.
Barrier adalah segala sesuatu yang mendistorsi atau mengganggu pesan. Hal ini dapat terjadi pada setiap tahap dalam proses komunikasi. Bentuk yang paling umum dari komunikasi pemasaran mempengaruhi kebisingan adalah kekacauan.
[1].Secara tradisional, pemasaran komunikasi praktisi berfokus pada penciptaan dan pelaksanaan jaminan pemasaran dicetak, namun, penelitian akademik dan profesional mengembangkan praktek untuk menggunakan elemen strategis branding dan pemasaran dalam rangka untuk memastikan konsistensi pengiriman pesan ke seluruh organisasi – lihat “konsisten & merasa “. Banyak tren dalam bisnis dapat dikaitkan dengan komunikasi pemasaran, misalnya: transisi dari layanan pelanggan untuk hubungan pelanggan, dan transisi dari sumber daya manusia untuk solusi manusia dan tren untuk blog, email, dan komunikasi online lainnya berasal dari elevator pitch. Iklan sosial meningkat, berkat layanan seperti YouTube dan Vimeo. Menurut sebuah studi 2011, “88% dari semua perusahaan yang telah melakukan iklan media sosial puas dengan hal itu.
[2] Memang, iklan sosial terus menyerap kehidupan kita sehari-hari, dalam bentuk billboard, aplikasi, TV, dan bahkan media cetak.Dalam branding, setiap kesempatan untuk mengesankan (atau individu) merek organisasi pada pelanggan disebut sentuhan merek titik Contoh (atau merek titik kontak.) Termasuk segala sesuatu dari iklan TV dan media lainnya, sponsor acara, webinar, dan personal selling untuk bahkan produk kemasan. Dengan demikian, setiap kesempatan pengalaman bahwa organisasi menciptakan bagi para stakeholder atau pelanggan adalah titik sentuh merek. Oleh karena itu, sangat penting bagi strategi merek dan manajer untuk survei semua poin merek sentuhan organisasi mereka dan kontrol untuk pengalaman stakeholder atau pelanggan. Komunikasi pemasaran, sebagai wahana manajemen merek organisasi, adalah berkaitan dengan promosi merek organisasi, produk (s) dan / atau jasa (s) kepada para stakeholder dan calon pelanggan melalui titik-titik sentuhan.
Komunikasi pemasaran difokuskan pada produk / layanan sebagai lawan komunikasi korporat dimana fokus kerja komunikasi adalah perusahaan / perusahaan itu sendiri. Komunikasi pemasaran terutama berkaitan dengan generasi permintaan dan produk / layanan posisi sementara perusahaan komunikasi menangani merger manajemen isu, dan akuisisi, litigasi, dll.
Referensi by:
^ Clow, Kenneth E & Donald Baack. “Promosi Iklan Terpadu dan Komunikasi Pemasaran”, 3rd Edition, Upper Saddle River, 2007 (6-7).
^ Http://kinetictypography.com/statistical-study-on-social-commercials/
Pranala luar by:
The Journal of Komunikasi Pemasaran Terpadu
STC Marketing Communication Special Interest Group
sumber: http://deripramana.blogspot.co.id/2012/10/apa-itu-marketing-komunikasi-komunikasi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *